Pengantar Teknologi Informasi

Senin, 08 Oktober 2012

Tokoh-Tokoh yang Berpengaruh dalam Perkembangn Komputer

Tokoh - Tokoh yang Berpengaruh dalam Perkembangan Komputer

Teknologi di dunia ini sangat berperan penting bagi kehidupan sehari-hari diantaranya untuk pekerjaan, pendidikan, politik, serta kegiatan lainnya pasti semua itu memerlukan kecanggihan teknologi. Teknologi dari masa ke masa terus berkembang pesat, bahkan perkembangan teknologi tersebut mampu mengubah peradaban manusia di muka bumi ini.
Semua perkembangan teknologi tersebut tidak lepas dari peran tokoh-tokoh yang menemukan kecanggihan teknologi diantaranya:

1.  Willian Henry "Bill" Gates




William Henry "Bill" Gates III lahir 28 Oktober 1955. Ia adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat. Pada usia 13 tahun, ia bersekolah di Lakeside School. Ketika ia kelas delapan, Mothers Club di sekolah membeli sebuah terminal Teletype Model 33 ASR. Gates tertarik memprogram sistem GE menggunakan BASIC, dan keluar dari kelas matematikanya untuk mengejar keinginannya. Ia menulis program komputer pertamanya di mesin ini, sebuah penerapan tic-tac-toe yang memungkinkan pengguna bermain komputer melawan komputer. Gates terpesona dengan mesin ini dan cara mesin mengeksekusi kode perangkat lunak dengan sempurna. Setelah sumbangan Mothers Club habis, ia dan siswa lain menghabiskan waktu dengan mengerjakan beberapa sistem, termasuk minikomputer DEC PDP.
Gates pergi ke kantor CCC dan mempelajari kode sumber berbagai program yang berjalan di sistem tersebut, termasuk program dalam bahasa FORTRAN, LISP, dan bahasa mesin. Perjanjian dengan CCC ini berlanjut hingga 1970, ketika perusahaan ini bangkrut. Pada tahun berikutnya, Information Sciences, Inc. mempekerjakan empat siswa Lakeside untuk menulis program pembayaran gaji dalam bahasa COBOL dan memberi mereka waktu komputer dan royalti.
Pada usia 17 tahun, Gates dan Allen membentuk suatu usaha bersama bernama Traf-O-Data, untuk menciptakan penghitung lalu lintas berbasis prosesor Intel 8008. Pada awal 1973, Bill Gates bekerja sebagai pembantu kongres di Dewan Perwakilan Rakyat AS. Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973. Ia memperoleh nilai 1590 dari total 1600 pada ujian SAT dan berkuliah di Harvard College pada musim gugur 1973. Di Harvard, ia bertemu dengan Steve Ballmer, yang kelak menggantikan Gates sebagai CEO Microsoft.
Gates tidak punya rencana belajar tetap ketika menjadi mahasiswa di Harvard dan menghabiskan banyak waktunya dengan menggunakan komputer sekolah. Gates masih berkomunikasi dengan Paul Allen, dan ia bergabung dengannya di Honeywell pada musim panas 1974. Pada tahun berikutnya, MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan, dan Gates dan Allen melihat peluncurannya sebagai kesempatan untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer sendiri. Ia telah membicarakan keputusan ini bersama orang tuanya yang sangat mendukungnya setelah mereka melihat antusiasme Gates untuk mendirikan perusahaan.
Pada umur 20 tahun Gates menghubungi Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS). Presiden MITS Ed Roberts setuju menemui mereka untuk melihat demonya, dan dalam kurun beberapa minggu mereka mengembangkan emulator Altair yang beroperasi di sebuah minikomputer, dan kemudian penerjemah BASIC. Demonstrasi yang diadakan di kantor MITS di Albuquerque tersebut berhasil dan menghasilkan kesepakatan dengan MITS untuk mendistribusikan penerjemah ini dengan nama Altair BASIC. Paul Allen dipekerjakan di MITS, dan Gates absen dari Harvard untuk bekerja bersama Allen di MITS di Albuquerque pada November 1975. Mereka menamai kemitraan mereka "Micro-Soft" dan mendirikan kantor pertamanya di Albuquerque. Satu tahun berikutnya, tanda penghubung pada namanya dihapus, dan pada 26 November 1976, nama dagang "Microsoft" didaftarkan di Kementerian Luar Negeri New Mexico. Gates tidak pernah kembali ke Harvard untuk menyelesaikan studinya.



2.  Steve Jobs




Steven Paul "Steve" Jobs lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955 dan meninggal di Palo Alto, California, Amerika Serikat, 5 Oktober 2011pada umur 56 tahun. Ia merupakan pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple Inc. Jobs juga sebelumnya menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios ia menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada tahun 2006, setelah pengambilan alih Pixar oleh Disney. Namanya dicantumkan sebagai produser eksekutif dalam film Toy Story tahun 1995.
Jobs bersekolah di Cupertino Junior High School dan Homestead High School di Cupertino, California, dan sering menghadiri kuliah setelah sekolah di Hewlett-Packard Company di Palo Alto, California. Tahun 1972, Jobs lulus dari sekolah menengah atas dan mendaftar masuk Reed College di Portland, Oregon. Meski ia keluar setelah satu semester, ia melanjutkan audit kelasnya di Reed, seperti kelas kaligrafi, dengan tidur di lantai kamar temannya, mengembalikan botol-botol Coke demi mendapatkan uang, dan mendapatkan makanan gratis mingguan di wihara Hare Krishna setempat. Jobs kemudian berkata, "Jika aku tidak menghadiri kuliah tunggal di perguruan tinggi itu, maka Mac tidak akan memiliki beragam huruf cetak ataupun huruf dengan spasi sejajar."
Pada musim gugur 1974, Jobs kembali ke California dan mulai menghadiri petemuan Homebrew Computer Club bersama Wozniak. Ia mengambil pekerjaan sebagai teknisi di Atari, sebuah perusahaan pembuat berbagai permainan video popular.
Jobs punya sedikit ketertarikan atau pengetahuan dalam desain papan sirkuit dan membuat persetujuan dengan Wozniak untuk membagi bonusnya sama rata jika Wozniak mampu meminimalkan jumlah chip. Atari sangat terkejut karena Wozniak mengurangi jumlah chip sebanyak 50 buah, sebuah desain yang sangat ketat sampai-sampai mustahil untuk menciptakannya kembali di jalur perakitan.
Pada akhir 1970-an, Jobs, bersama pendiri pendamping Apple Steve Wozniak, Mike Markkula, dan lainnya, merancang, mengembangkan, dan memasarkan salah satu jajaran komputer pribadi pertama yang sukses secara komersial, yaitu seri Apple II. Pada awal 1980-an, Jobs termasuk orang-orang yang pertama kali melihat potensi komersial dari antarmuka pengguna grafis yang digerakkan tetikus PARC Xerox yang kemudian mendorong pembuatan Macintosh. Setelah kalah melawan keputusan dewan direktur tahun 1984, Jobs mengundurkan diri dari Apple dan mendirikan NeXT, sebuah perusahaan pengembangan platform komputer yang berkecimpung dalam pasar pendidikan tinggi dan bisnis. Pembelian NeXT oleh Apple pada tahun 1996 membawa kembali Jobs ke perusahaan yang ia dirikan bersama, dan ia menjabat sebagai CEO-nya sejak 1997 hingga 2011.
 
3.   Linus benedict Torvalds




Linus Benedict Torvalds lahir di Helsinki, Finlandia, 28 Desember 1969. Ia merupakan adalah rekayasawan perangkat lunak Finlandia yang dikenal sebagai perintis pengembangan Kernel Linux. Ia sekarang bertindak sebagai koordinator proyek tersebut.
Linux terinsipirasi oleh Minix (sistem operasi yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum) untuk mengembangkan sistem operasi mirip-Unix (Unix-like) yang dapat dijalankan pada sebuah PC. Linux sekarang dapat dijalankan pada berbagai arsitektur lain. Ketika Linus Torvalds, seorang mahasiswa Finlandia membagi-bagikan kode sumber (source code) kernel Linux seukuran disket via internet di tahun 1991, ia sama sekali tidak menduga bahwa apa yang dimulainya melahirkan sebuah bisnis bernilai milyaran dolar di kemudian hari.

Ia bahkan tidak menduga Linux kemudian menjadi sistem operasi paling menjanjikan, yang bisa dibenamkan ke dalam server, komputer desktop, tablet PC, PDA, handphone, GPS, robot, mobil hingga pesawat ulang alik buatan NASA.
Tidak hanya itu, banyak maniak Linux (Linuxer) yang membeli perangkat buatan Apple dan mengganti sistem operasinya dengan Linux. Bagi saya itu sedikit gila, mengingat menghapus sistem operasi Mac & iPod berarti membuang duit dan menggantinya sistem operasinya cukup sulit dibanding desktop berbasis Windows. Saat ini 20% pangsa pasar desktop di seluruh dunia menggunakan Linux jauh di atas Mac OS dan terus mengejar OS Windows. Dan 12,7% server di seluruh dunia menggunakan Linux, jauh di atas UNIX, BSD, Solaris, dan terus meningkat menggerus pangsa pasar server Microsoft.

4.    Richard Matthew Stallman

Richard Matthew Stallman lahir 16 Maret 1953; umur 58 tahun, Ia merupakan pendiri gerakan perangkat lunak bebas, proyek GNU yang membuat system operasi open source berbasis UNIX-Like. Bagi Stallman, software seperti ilmu pengetahuan yang tidak meiliki hak cipta dan sudah sepantasnya dinikmati oleh seluruh umat manusia.
Dari pemikiran itulah Stallman membuat lisensi baru yang disebut GPL (General Public License). Berbagai artikel dan tulisannya tentang filsafat software telah merubah banyak sekali cara programmer waktu itu. Akibatnya satu persatu pembuat software mulai menyetujui kesepakatan GPL. Software yang bernaung di bawah GPL adalah software yang bebas digunkan siapapun tanpa harus membayar. Sekarang lebih dari 60.000 aplikasi telah menyatakan diri berlisensi GPL, termasuk Mozilla Firefox yang kita pakai sekarang.

5.  Ken Thompson

Kenneth Thompson adalah seorang yang ilmuwan komputer yang di kenal dengan pengembangan sistem operasi UNIX, Thompson menyelesaikan pendidikan sarjana dan master di bidang teknik elektro di University of California, Berkeley. Saat bekerja di Bell Labs, Thompson dan Dennis Ritchie menjadi pembuat utama sistem operasi UNIX. Thompson pernah mengembangkan pemrograman B, yang menjadi awal mula lahir nya pemrograman C oleh Dennis Ritchie yang sekarang kini menjadi bahasa yang paling sering digunakan di dunia. Thompson juga pernah mengembangkan bahasa pemrograman Bon, yang dibuatnya saat menulis sistem operasi Multics.

6.  DENNIS MC ALLISTAIR RITCHIE
Bersama Ken Thompson membuat bahasa yang paling terkenal di dunia komputer menyaingi bahasa inggris di dunia real. Bahasa itu adalah bahasa C. Dennis M Ritchie lahir ditengah perang dunia ke 2 pada tanggal 9 September 1941 di Bronxville NewYork. Lulus dari Harvard thn 1963 dalam bidang Fisika dan melanjutkan pendidikan di HArvard hingga meraih gelar Ph.D di bidang Matematika.(Perlu diketahui bahwa orang jenius dalam bidang science biasanya suka matematika) .
Setelah lulus dari Harvard ,Dennis Ritchie bergabung dengan laboratium paling terkenal di dunia( Bell Labs) padatahun 1963 mengikuti jejak ayahnya Alistair E.Ritchie. Tak lama setelah bergabung dengan lab ini , ia segera memberi konstribusi dalam project Multics yang merupakan proyek kerjasama antara Bell Labs ,MIT dan General Electrics dengan membantu menuliskan Compiler bahasa BCPL(Basic Combined Programming Language)untuk mesin Multics. Kemudian ia membantu Ken Thompson dalam pembuatan sistem operasi UNIX(salah satu OS selain Windows dan Linux) .
Bahasa C inilah fondasi dalam pembuatan Unix. Bahasa C ini merupakan peng embangan dari bahasa B yang dibuat oleh Ken thompson dengan penambahan beberapa data type dan syntax baru kedalamnya oleh Dennis Ritchie .
Ia bersama Ken Thompson banyak menerima penghargaan dari berbagai organisasi seperti ACM Software Award , U.S National Medal of Technology atas constribusinya dalam dunia komputer ini. Hingga saat inipun Bahasa C merupakan bahasa paling banyak digunakan oleh programmer.


7. HENRY ROSS PEROT

Lahir pada tanggal 27 juni 1930 di Texarkana, Texas. Perot dikenal sebagai seorang American business executive dan politisi. Henry Ross Perot adalah pendiri dari Electronic Data Systems (EDS) yang berada di Dallas. Orangtuanya bernama Ross dan Lulu May Perot. Perot mempunyai saudara perempuan bernama Bette. Sedangkan istrinya bernama Margot Birmingham yang berasal dari Greensburg, Pennsylvania. Anak-anak mereka bernama Ross Jr, Nancy, Suzanne, Carolyn, dan Katherine.
Perot pernah menuntut ilmu di Texarkana Junior College. Lalu pada tahun 1949, Perot masuk the United States Naval Academy dan lulus pada tahun 1953. selama di Akademi tersebut, Perot menjadi ketua kelas, ketua dari the honor committee dan sebagai batalion commander.
Mengenai karirnya, pada umur 7 tahun Perot sudah mulai bekerja. Ia pernah melakukan bermacam-macam pekerjaan dari menjual kartu natal, sebagai pengirim Koran, sampai jual-beli pelana kuda. Setelah lulus dari the United States Naval Academy, Perot bekerja di lautan sebagai a destroyer dan an aircraft carrier. Pada tahun 1956, Perot menikah dengan Margot, seorang wanita cantik yang ia temukan sewaktu di the United States Naval Academy. Setelah lulus dari Navy, Perot dan Margot memutuskan untuk tinggal di Dallas. Setelah itu Perot bekerja di IBM’s data processing division sebagai seorang salesman. Awal tahun 90-an, mereka berdua membangun 2 rumah di Dallas, salah satunya disebuah kawasan real estate yang luas.
Pada tahun 1962, Margot meminjamkan uangnya kepada Perot sebesar $1.000 dari tabungannya di bank untuk digunakan mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama EDS, sebuah perusahaan data processing. Perusahaan ini pun berkembang menjadi sebuah perusahaan yang maju. Pada akhirnya menjadi sebuah perusahaan multi-billion dollar yang dapat mempekerjakan 70.000 orang. Perot adalah orang yang sangat memperhatikan pegawai-pegawai di perusahaaannya. Pada masa krisis Iran, tahun 1979, 2 orang pegawainya ditahan oleh pemerintah Iran. Lalu Perot membentuk tim untuk menyelamatkan 2 orang pegawainya itu. Sangat disayangkan perusahaan EDS hanya dapat bertahan sampai dengan tahun 1985. Perot menjual perusahaan EDS kepada perusahaan General Motors sebesar $2.5billion. lalu tahun 1986, General Motors membeli semua stok perusahaannya sebesar $700million dan dengan perjanjian selama 3 tahun Perot tidak boleh mendirikan perusahaan baru yang menyaingi EDS. Tetapi, perot tidak memperdulikan perjanjian itu. Dua tahun kemudian, ia mendirikan sebuah computer service company.
Perot tidak hanya aktif dalam bisnis, ia juga ikut aktif terlibat dalam dunia politik di Amerika. Di tahun 1979, gubernur William P. Clements, Jr meminta Perot untuk menjadi ketua Texas War on Drugs committee. Di awal tahun 1980-an, saat Ronald Reagan menjadi presiden Amerika, Perot menjadi anggota dari President’s Foreign Intelligence Advisory Board (PFIAB). Pada tahun 1992. ia pernah dicalonkan sebagai kandidat presiden. Pada tahun 1995, Perot mendirikan sebuah partai politik nasional bernama the reform party. Partai ini didirikan oleh Perot dengan tujuan sebagai partai tandingan dari partai demokrasi dan republik.

8.  Steven Anthony Ballmer

Steve Ballmer  adalah lulusan dari Harvard pada tahun 1977 , ia bergabung di Microsoft pada tahun 1980, dan sekarang menjadi CEO Microsoft  pada tahun 2000, dia juga pernah menjadi pemimpin  divisi "Operating Systems Development" yaitu divisi yang mengembangkan operasi system yang kini sukses mendapat tempat para pengguna komputer,di Microsoft dia juga menjadi karyawan terlama tentunya setelah Bill Gates.

9.   Steve Mozniak



Steve Mozniak(lahir di Sab Jose,California, Amerika Serikat, lahir pada tanggal 11 agustus 1950, beliau ini  adalah pendiri Apple Komputer bersama Steve Jobs. Ia dianggap sebagai pelopor dari masuknya komputer ke dalam kehidupan rumah pribadi. Walaupun kontribusinya hanya dalam bentuk kumpulan ide-ide jitu yang secara tidak sengaja bersamaan dengan siapnya teknologi untuk pembuatan komputer massal, kecerdasan dan kreatifitasnya yang tak terbatas membuat dia menjadi orang yang tepat untuk diakui sebagai pemrakarsa revolusi komputer pribadi. Wozniak menciptakan Apple II, komputer pribadi terakhir yang benar-benar didisain oleh satu orang saja.
Pada bulan Januari 2007, ia meluncurkan buku iWoz yang berisi perjalanan hidup dan kariernya.

10. Dennis Ritchie


 Dennis MacAlistair Ritchie adalah seorang ilmuwan komputer yang dikenal lewat bahasa pemrograman ALTRAN,
Orang yang terlahir di Bronxville, New York ini pada tahun 1983  bersama Kenneth Thompson menerima penghargaan Turing Award atas jasanya dalam pengembangan teori sistem operasi dan khususnya atas implementasi sistem operasi UNIX.
Pendidikan sarjana diraihnya dari Harvard di bidang fisika dan matematika terapan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar