Pengantar Teknologi Informasi

Selasa, 08 Januari 2013

STEVE JOBS, PENDIRI APPLE COMPUTER


STEVE JOBS, PENDIRI APPLE COMPUTER

Steven Paul Jobs (lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955; umur 56 tahun) adalah pemimpin perusahaan Apple Computer bersama Steve Wozniak dan tokoh utama di industri komputer. Sebagai pendiri (dengan Steve Wozniak) Apple Computer di tahun 1976, ia mempopulerkan konsep komputer di rumah tangga dengan Apple II. Kemudian, ia merupakan salah satu orang yang pertama kali menyadari potensi untuk mengomersialkan antarmuka pengguna grafis (graphical user interface) dan mouse yang dikembangkan di Palo Alto Research Center perusahaan Xerox, dan kemudian teknologi ini diterapkannya ke dalam Apple Macintosh.
Steve Jobs adalah seorang tokoh bisnis dan penemu ternama dari Amerika Serikat. Ia adalah salah satu pendiri, ketua, dan mantan CEO Apple Inc. Steve Jobs juga sebelumnya menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios; ia menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada tahun 2006, setelah pengambilan alih Pixar oleh Disney. Namanya dicantumkan sebagai produser eksekutif dalam film Toy Story tahun 1995.

Bersama pendiri bersama Apple Steve Wozniak, Mike Markkula, dan lainnya, pada akhir 1970-an, Steve Jobs merancang, mengembangkan, dan memasarkan salah satu jajaran komputer pribadi pertama yang sukses secara komersial, yaitu seri Apple II. Pada awal 1980-an, Jobs termasuk orang-orang yang pertama kali melihat potensi komersial dari interface graphies users yang digerakkan tetikus PARC Xerox yang kemudian mendorong pembuatan Macintosh. 
Pada tahun 1984, setelah kalah melawan keputusan dewan direktur,Jobs mengundurkan diri dari Apple dan mendirikan NeXT, sebuah perusahaan pengembangan platform komputer yang berkecimpung dalam pasar pendidikan tinggi dan bisnis. Namun, pembelian NeXT oleh Apple pada tahun 1996 membawa kembali Jobs ke perusahaan yang ia dirikan bersama, dan ia menjabat sebagai CEO-nya sejak 1997 hingga 2011.
Tahun 1986, Jobs mengambil alih divisi grafis komputer Lucasfilm Ltd yang kemudian menjadi Pixar Animation Studios. Ia menjadi CEO dan pemegang saham terbesarnya sebanyak 50,1% sampai diambil alih oleh The Walt Disney Company tahun 2006. Karena itu pula Jobs menjadi pemegang saham perorangan terbesar di Disney sebanyak 7% dan anggota Dewan Direktur Disney.Setelah mengundurkan diri sebagai CEO pada 24 Agustus 2011, Jobs terpilih sebagai ketua dewan direktur Apple.
Setelah selama tujuh tahun berjuang melawan kanker, pada 5 Oktober 2011, Steve Jobs meninggal dunia di California pada usia 56 tahun. Ya, tujuh tahun setelah didiagnosis menderita kanker pankreas, ia meninggal.Pada waktu kematiannya, ia dikenal luas sebagai seorang visioner, perintis dan jenius dalam bidang bisnis, inovasi, dan desain produk, dan orang yang berhasil mengubah wajah dunia modern, merevolusi enam industri yang berbeda, dan "contoh bagi semua kepala eksekutif". Kematiannya ditanggapi secara luas dan dianggap sebagai kehilangan besar bagi dunia oleh para penggemarnya di seluruh dunia. Salah satu ungkapan terkenal yang dikumandangkan Steve Jobs dan layak untuk kita renungkan adalah: Stay hungry, stay foolish.

5 Rahasia Sukses Steve Jobs

  1. KEYAKINAN, jobs tidak selalu tahu apa yang yang di lakukan dalam hidupnya. Setelah putus sekolah, Job tidak menyerah pada dirinya dan memiliki sedikit keyakinan akan kemampuannya. Jobs tidak menyerah pada dirinya sendiri, dia terus mengejar jalan yang dia temukan menarik, percaya pada akhirnya akan lebih bermakna dan bahkan mungkin berguna. Dia segera belajar bahwa segala sesuatu dalam hidupnya, bahkan hal-hal yang paling mengerikan, tampak terjadi karena suatu alasan. Selain itu, dia menempatkan jumlah kepercayaan tak ternilai dan tak terkendali.
  2. GAIRAH “Pekerjaan anda akan menghabiskan sebagian besar hidup anda, dan satu-satunya cara untuk benar-benar puas adalah melakukan apa yang anda yakini adalah pekerjaan besar,” kata jobs. Dari hari-hari pertamanya bekerja di meja kerja ayahnya, Jobs tahu masa depannya terletak pada penciptaan makhluk. Hingga ia bertemu Wonzniak pada 1968, dan tahu apa itu komputer pribadi. Meskipun kegagalan di alami Apple III dan di pecat dari perusahaan yang ia bantu mendirikannya, Job berhasil kembali keluar di atas segalanya karena ia tahu bahwa ia tidak ingin mengabdikan hidupnya untuk apa pun kecuali gairah nya.
  3. KEBERANIAN Setelah di di diagnosa menderita kanker dan menghadapi ancaman kematian, Jobs membuat pemulihan dan berjanji untuk membuat kesempatan kedua yang di berikan. Dia terus membuka mata dan telinga dan memiliki keberanian untuk menangkap peluang baru ketika mereka datang. Apakah mengambil resiko atau berbuat bodoh, Jobs sejak saat itu bertekad untuk keluar mengikuti intuisi nya yang menuntun keputusan bisnisnya. Hingga menghasilkan kekayaan bersih lebih dari 8 miliar dolar US saat ini. Itu Berhasil.
  4. INOVASI ketika CEO lainnya berfokus pada penjualan dan pembiayaan, Jobs mengkonsentrasikan dirinya dengan hal besar berikutnya. Pertemuan pribadi dengan pemasok, Lowongan kerja yang membuat prioritas utama untuk tetap di atas perbatasan berikutnya. Ia mengisi perusahaannya hanya dengan orang-orang yang hebat. Jobs juga terus bekerja untuk memastikan Apple tempat di bagian atas pasar untuk tahun-tahun mendatang.
  5. VISI pikiran yang terbuka dan kemampuan untuk menempatkan tikungan baru pada teknik salah satu faktor pembeda utama antara Jobs dan pesaingnya. Dari iklan lucu, hingga menarik pemberontakan yang kontra, visi Jobs diintegrasikan ke dalam setiap aspek dari strategi perusahaan. Jika anda bermimpi untuk mengubah dunia, maka Jobs membuktikan dengan cara apapun dia bisa bahwa Anda membutuhkan sebuah komputer Apple untuk melakukannya.
Ada beberapa hal yang bisa saya pelajari dari kisah hidup Steve Jobs, yaitu :
1.      "Stay Hungry, Stay Foolish" ,  itulah kata Steve Jobs yang memotivasi untuk selalu semangat belajar dan berusaha kreatif
2.      Semangatnya yang selalu berusaha untuk mencapai suatu kesuksesan
3.      Kisah hidupnya yang sangat inspiratif, dan quote-quote nya yang memotivasi diri kita
4.      Steve Jobs adalah seorang penganut Budha yang taat. Hal ini mencerminkan bahwa dia adalah seorang yang religius
5.      Meskipun Jobs sudah meninggal, tetapi berbagai macam penemuan dan jasa jasanya masih ada dan bisa dinikmati oleh banyak orang
6.      Steve Jobs adalah orang besar dengan inspirasi besar
7.      Produk yang diciptakan selalu sukses besar dan fenomenal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar